SBUMSBUM Akhwat

SBUM AKHWAT NOMOR 1196 –ย APAKAH BASMALAH BAGIAN DARI AL FATHIHAH ? APAKAH BASMALAH BAGIAN DARI SETIAP SURAT ?

SBUM
Sobat Bertanya Ustadz Menjawab

ย 

NO : 1196

Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS
https://grupislamsunnah.com

Kumpulan Soal Jawab SBUM
Silakan Klik : https://t.me/GiS_soaljawab

Judul bahasan

APAKAH BASMALAH BAGIAN DARI AL FATHIHAH ? APAKAH BASMALAH BAGIAN DARI SETIAP SURAT ?
๐Ÿ’ฌย  Pertanyaan
Nama : Dian Pertiwi
Angkatan : 4
Grup : 45
Domisili : Paloh,
Kabupaten Sambas,
Kalimantan barat

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Afwan izin bertanya Ustadz.

Mengenai membaca ta’awwudz setelah membaca istiftah, hukumnya sunnah ya Ustadz. Lalu membaca Al-Fatihah disertai dengan basmalah. Karena basmalah bagian dari surat Al-Fatihah.

Yang ingin ana tanyakan;
Setelah Al-Fatihah, kita lanjutkan dengan membaca surat lainnya.

Lalu bagaimana dengan bacaan basmalah, ketika ingin melanjutkan membaca surat lainnya ? Apakah hukumnya ?

Boleh membaca basmalah atau langsung membaca surat pendek tanpa diawali basmalah ?

Mohon penjelasannya Ustadz.

ุฌุฒุงูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑุง ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู….

ย  Jawaban

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡
ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ูˆุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ุŒ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆู…ู† ุงู‡ุชุฏู‰ ุจู‡ุฏุงู‡.

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum membaca basmalah setelah membaca doa istiftah danย taโ€™awudz.

Secara umum, pembahasan mengenai masalah ini harus diawali dengan pembahasan apakah basmalah itu bagian dari Al Fatihah? Bagi ulama yang berpendapat ia bagian dari Al Fatihah, maka wajib membaca basmalah sebagaimana wajibnya membaca Al Fatihah yang merupakan rukun shalat. Lalu bagi ulama yang berpendapat ia bukan bagian dari Al Fatihah, mereka pun berbeda pendapat mengenai hukum membaca basmalah.

Apakah Basmalah Bagian Dari Al Fatihah?

Para ulama sepakat bahwa basmalah adalah termasuk ayat Al Qurโ€™an (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/83). Karena memang basmalah terdapat dalam salah satu ayat Al Qurโ€™an,

ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุณูู„ูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู

โ€œSesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: โ€œDengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayangโ€ (QS. An Naml: 30).

Namun, terdapat perselisihan yang sangat kuat diantara para ulama mengenai apakah basmalah itu bagian dari surat Al Fatihah. Karena jika ditinjau dari segi riwayat qiraโ€™ah, dalam sebagian qiraโ€™ah yang shahih, basmalah bukan bagian dari Al Fatihah dan dalam sebagian qiraโ€™ah yang lain, basmalah merupakan bagian dari Al Fatihah.
Adapun Hanafiyah, Hanabilah, Malikiyyah dan jumhur fuqaha berpendapat bahwa basmalah bukan bagian dari Al Fatihah. Mereka berdalil dengan hadits

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: ู‚ูŽุณูŽู…ู’ุชู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูŽ ุจูŽูŠู’ู†ููŠ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุนูŽุจู’ุฏููŠ ู†ูุตู’ููŽูŠู’ู†ูุŒ ูˆูŽู„ูุนูŽุจู’ุฏููŠ ู…ูŽุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู: {ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ} ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: ุญูŽู…ูุฏูŽู†ููŠ ุนูŽุจู’ุฏููŠ

โ€œAllahย Tabaraka Wa Taโ€™alaย berfirman, aku membagi shalat antara Aku dan hambaku menjadi dua bagian, setengahnya untukKu dan setengahnya untuk hambaKu sesuai dengan apa yang ia minta. Ketika hambaku berkata,โ€™Alhamdulillahi rabbilโ€™aalamiinโ€™. Allahย Taโ€™alaย berkata, โ€˜ Hambaku telah memujiKuโ€™โ€ (HR. Muslim 395).

Adapun Ulama Syafiโ€™iyyah berpendapat basmalah adalah bagian dari Al Fatihah. Mereka berdalil diantaranya dengan hadits, semisal hadits ketika Nabiย Shallallahuโ€™alaihi Wasallamย memberitahu para sahabat mengenai surat yang paling agung dalam Al Qurโ€™an, beliau bersabda:

ู‡ููŠูŽ: ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุจู’ุนู ุงู„ู…ูŽุซูŽุงู†ููŠ

โ€œsurat tersebut adalah โ€˜Alhamdulillahi rabbilโ€™aalamiinโ€™ yang terdiri dari 7 ayatโ€ (HR. Al Bukhari 4474 , 4647).
Mereka menghitung lafadz โ€œshiraathalladziina anโ€™amta โ€˜alaihimย ghairil maghdhuubi โ€˜alaihim wa laadh dhaaliinโ€ย sebagai 1 ayat, sehingga basmalah termasuk dalam 7 ayat tersebut.Adapun para ulama yang mengatakan basmalah bukan bagian dari Al Fatihah menghitung lafadz ini sebagai 2 ayat, yaitu:ย shiraathalladziina anโ€™amta โ€˜alaihimย sebagai satu ayat, danย ghairil maghdhuubi โ€˜alaihim wa laadh dhaaliinย sebagai satu ayat
Dalil lain bagi yang berpendapat basmalah bagian dari Al Fatihah, yaitu hadits,

ุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุฑูŽุฃู’ุชูู…ู : ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ููŽุงู‚ู’ุฑูŽุกููˆุง : ุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุฃูู…ู‘ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู , ูˆูŽุฃูู…ู‘ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู , ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽุจู’ุนู ุงู„ู’ู…ูŽุซูŽุงู†ููŠ , ูˆูŽุจูุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู…ู ุฅูุญู’ุฏูŽุงู‡ูŽุง

โ€œjika kalian membaca Alhamdulillahi rabbilโ€™aalamiin maka bacalah bismillahir rahmanir rahim, karena ia adalah ummul qurโ€™an, ummul kitab dan 7 rangkaian ayat, dan bismillahir rahmanir rahim salah satunyaโ€ (HR. Al Baihaqi dalamย Sunan Al Kubraย 2181, dishahihkan Al Albani dalamย Shahih Al Jamiโ€™ย 729).

Hadits ini secara sharih menyatakan bahwa basmalah merupakan bagian dari Al Fatihah, dan inilah pendapat yang menurut kami lebih rajih. Adapun pendalilan dari hadits Abu Hurairah yang pertama diambil dariย mafhumย hadits.
Namun sebagaimana telah dijelaskan, bahwa bacaan basmalahย tsabitย pada sebagian qiraโ€™ah, maka tentunya perbedaan pendapat sangat longgar perkaranya (lihatย Sifatu Shalatin Nabi, 79-80).

Apakah Basmalah Bagian Dari Setiap Surat?

Sebagaimana Hanafiyah, Hanabilah, Malikiyyah dan jumhur fuqaha berpendapat bahwa basmalah bukan bagian dari Al Fatihah, mereka juga berpendapat basmalah bukanlah bagian dari setiap surat (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/83). Namun basmalah memang Allah turunkan untuk pemisah antara surat yang satu dengan yang lain. Diantara alasan bahwa basmalah bukanlah bagian dari setiap surat, para ulama ijmaโ€™ bahwa surat Al Kautsar itu terdiri dari 3 ayat, dengan demikian basmalah bukan bagian dari surat Al Kautsar.
Adapun Syafiโ€™iyyah berpendapat basmalah adalah bagian dari Al Fatihah dan juga dari setiap surat (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/84). Diantara alasannya adalah bahwa para sahabat Nabi mengumpulkan Al Qurโ€™an dan menulis basmalah di setiap awal surat, padahal yang bukan berasal dari Al Qurโ€™an tidak boleh ditulis dalam Al Qurโ€™an. Dan para ulama sepakat bahwa basmalah yang berada di antara dua surat itu adalah kalamullah, sehingga wajib dianggap sebagai bagian dari suratย Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/85).

Hukum Membaca Basmalah

Dari penjelasan sebelumnya, kita ketahui bahwa Syafiโ€™iyah berpendapat wajibnya membaca basmalah karena ia merupakan bagian dari Al Fatihah. Dan mengingat membaca Al Fatihah adalah rukun shalat, maka shalat tidak sah jika tidak membaca basmalah karena adanya kekurangan dalam membaca Al Fatihah. Sebagaimana hadits

ู„ุงูŽ ุตูŽู„ุงูŽุฉูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู’ ุจูููŽุงุชูุญูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู

โ€œtidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Faatihatul Kitaabโ€ (HR. Al Bukhari 756, Muslim 394)

Diantara para salaf yang berpendapat demikian adalah Al Kisa-i, โ€˜Ashim bin An Nujud, Abdullah bin Katsir, dan yang lainnya (Sifatu Shalatin Nabi, 79). Syafiโ€™iyyah juga berpendapat wajibnya membaca Al Fatihah sebelumย qiraโ€™ahย setiap awal surat dari Al Qurโ€™an dalam shalat (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/88).

Sementara Hanafiyah yang berpendapat basmalah bukan bagian dari Al Fatihah, mereka mengatakan bahwa membaca basmalah dalam shalat hukumnya sunnah sebelum membaca Al Fatihah di setiap rakaat. Disunnahkannya membaca basmalah sebelum Al Fatihah karena dalam rangkaย tabarrukย dengan basmalah. Adapun selain Al Fatihah tidak disunnahkan.
Namun Malikiyyah berpendapat tidak disunnahkan untuk membaca basmalah sebelum qiraโ€™ah setelah Al Fatihah, sedangkan menurut Hanabilah sunnah hukumnya baik sebelum Al Fatihah maupun sebelum qiraโ€™ah. Dan Malikiyyah membolehkanย tasmiyahย sebelum Al Fatihah ataupun sebelum qiraโ€™ah (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/87-88).

Pendapat yang masyhur dari Malikiyyah, yang juga berpendapat basmalah bukan bagian dari Al Fatihah, mereka mengatakan bahwa membaca basmalah sebelum Al Fatihah ataupun qiraโ€™ah hukumnya makruh. Mereka berdalil dengan hadits Anas bin Malik

ู…ูุนู’ุชู ู‚ุชุงุฏุฉูŽ ูŠูุญูŽุฏู‘ูุซู ุนู† ุฃู†ุณู ู‚ุงู„ : ุตู„ู‘ูŽูŠู’ุชู ู…ุน ุฑุณูˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุŒ ูˆุฃุจูŠ ุจูƒุฑู ุŒ ูˆุนู…ุฑูŽ ุŒ ูˆุนุซู…ุงู†ูŽ ุŒ ูู„ู… ุฃูŽุณู’ู…ูŽุนู’ ุฃุญุฏู‹ุง ู…ู†ู‡ู… ูŠู‚ุฑุฃู ุจุณู…ู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุฑุญู…ู†ู ุงู„ุฑุญูŠู…ู

โ€œaku shalat bersama Rasulullahย Shallallahuโ€™alaihi Wasallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman dan aku tidak mendengar mereka membacaย bismillahir rahmanir rahimโ€ (HR. Muslim 399).
namun ada riwayat dari Imam Malik bahwa beliau berpendapat boleh, dan riwayat lain dari Malikiyyah yang mengatakan hukumnya wajib (Al Mausuโ€™ah Al Fiqhiyyah, 8/87).

Kesimpulannya,ย khilafย dalam masalah ini berporos pada masalah apakah basmalah itu termasuk Al Fatihah ataukah tidak dan apakah ia termasuk bagian dari setiap surat atau tidak. Maka dalam hal membaca basmalah atau tidak membaca basmalah perkaranya longgar.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ.

ย  ย Dijawab oleh : Ustadz Abu Fathiyya Abdus Syakur, S.Ud,. M.Pd.I

 

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)โฃโฃ

WebsiteGIS: https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button