SBUMSBUM Ikhwan

SBUM IKHWAN NOMOR 351 – Hukum Sujud Pada Bantal Dan Yang Semisal

SBUM
Sobat Bertanya Ustadz Menjawab

ย 

NO :ย  351

Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS
https://grupislamsunnah.com

Kumpulan Soal Jawab SBUM
Silakan Klik : https://t.me/GiS_soaljawab

Judul bahasan

Hukum Sujud Pada Bantal Dan Yang Semisal

๐Ÿ’ฌ Pertanyaan

Nama : Hamba Allah
Angkatan: N03
Grup : N023
Nama Admin : Samsar
Nama Musyrif : Fian
Domisili : Gowa – Sulawesi Selatan

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Mau tanya terkait pertemun yang ke 20 Shalat di atas bantal. Bagaimana dengan zaman sekarang ini yg dimana semakin banyaknya model2 sajadah yang agak tebal yang mungkin membuat nyaman penggunanya.

Apakah hadits yang dimaksud, termasuk dengan sajadah yang demikian?

ุฌุฒุงูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑุง ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู….

ย  Jawaban

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡

Dibolehkan sujud di atas bantalan yang lunak seperti selimut dan semisalnya, selagi orang yang shalat dapat meletakkan kening dan hidungnya ketika sujud dengan mantap. Yang dilarang adalah sujud di atas sesuatu yang empuk sekiranya wajah orang yang shalat akan terbenam dan tidak dapat tetap.

Ibnu Al-Hammam berkata dalam kitab Fathul Qadir, 1/304, “Dibolehkan sujud di atas rerumputan, tanah keras dan kapas selagi dia menempel di atas tanah. Begitu juga sujud di atas salju yang menempel di atas tanah. Namun jika kondisinya membuat wajah tenggelam dan tidak menempel ke tanah, maka hal itu tidak boleh.

Ibnu Nujaim berkata dalam kitab Al-Bahru Ar-Raโ€™iq, 1/304: Landasannya adalah sebagaimana dibolehkan sujud di atas tanah, maka diperbolehkan pula sujud di atas sesuatu yang semakna dengan tanah, sekiranya keningnya dapat ditempelkan dengan mantap. Pemahaman menempel ke tanah adalah apabila orang yang bersujud kalau kepalanya ditekan (keras) tidak turun lebih dari itu.โ€œ

Kesimpulannya, tidak mengapa bersujud di atas hamparan seperti selimut atau yag empuk jika tempatnya tetap dan kokoh meskipun seseorang menekan dengan keras di atasnya.

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah ditanya tentang hukum sujud di atas spon, maka beliau menjawab: โ€Kalau sponnya tipis, menempel (lekat) ketika sujud, maka (hal itu) tidak mengapaโ€. Fatawa Ibnu Utsaimin, 13/184

ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ู†ุฌูŠู… ููŠ “ุงู„ุจุญุฑ ุงู„ุฑุงุฆู‚” (1/337) : ” ูˆุงู„ุฃุตู„ ูƒู…ุง ุฃู†ู‡ ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃุฑุถ ูŠุฌูˆุฒ ุนู„ู‰ ู…ุง ู‡ูˆ ุจู…ุนู†ู‰ ุงู„ุฃุฑุถ ู…ู…ุง ุชุฌุฏ ุฌุจู‡ุชูู‡ ุญุฌู…ูŽู‡ ูˆุชุณุชู‚ุฑ ุนู„ูŠู‡ ุŒ ูˆุชูุณูŠุฑ ูˆุฌุฏุงู† ุงู„ุญุฌู… ุฃู† ุงู„ุณุงุฌุฏ ู„ูˆ ุจุงู„ุบ ู„ุง ูŠุชุณูู‘ู„ ุฑุฃุณู‡ ุฃุจู„ุบ ู…ู† ุฐู„ูƒ ” ุงู†ุชู‡ู‰ .
ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ูู„ุง ุญุฑุฌ ู…ู† ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ูุฑุด ูƒุงู„ุจุทุงู†ูŠุฉ ุฃูˆ ุงู„ู…ุฑุชุจุฉ ุŒ ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ุชุซุจุช ูˆุชุณุชู‚ุฑ ู…ู‡ู…ุง ุจุงู„ุบ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ููŠ ุงู„ุถุบุท ุนู„ูŠู‡ุง .
ูˆู‚ุฏ ุณุฆู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุนู† ุญูƒู… ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ุงุณูู†ุฌ . ูุฃุฌุงุจ : ” ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุงุณูู†ุฌ ุฎููŠูุงู‹ ูŠู†ูƒุจุณ ุนู†ุฏ ุงู„ุณุฌูˆุฏ ุนู„ูŠู‡ ูู„ุง ุจุงุณ ”
“ูุชุงูˆู‰ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู†” (13/184)

ูˆุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃุนู„ู…

ย  Dijawab oleh : Ustadz Mahatir Fathoni S.Ag

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)โฃโฃ

WebsiteGIS: https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button