Informasi Kegiatan

ADAB-ADAB DI HARI RAYA IDUL ADHA

ADAB-ADAB DI HARI RAYA IDUL ADHA

1. MANDI PADA HARI RAYA

“Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan.” (HR. Malik dan Asy-Syafi’i, sanadnya shahih)

2. BERHIAS, BERSIWAK, DAN MEMAKAI WEWANGIAN (BAGI LAKI-LAKI)

“Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk kaum Muslimin. Barang siapa yang hadir Jum’atan, hendaknya dia mandi. Jika dia punya wewangian, hendaknya dia gunakan, dan kalian harus gosok gigi.” (HR. Ibnu Majah, dihasankan Syaikh Al-Albani)

3. MENGENAKAN PAKAIAN TERBAIK

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memiliki jubah yang beliau gunakan ketika hari raya dan hari Jum’at.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

4. TIDAK MAKAN SEBELUM SHALAT ID (BAGI YANG BERKURBAN)

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasanya tidak keluar pada hari Idul Fitri hingga makan terlebih dahulu, dan tidak makan pada hari Idul Adha hingga beliau kembali dari shalat, lalu makan dengan daging sembelihannya.” (HR. Muslim)

5. BERJALAN KAKI MENUJU TEMPAT SHALAT ID

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘Anhu berkata, “Termasuk perbuatan sunnah, kamu keluar mendatangi shalat Id dengan berjalan kaki.” (HR. At-Tirmidzi)

6. BERBEDA JALAN MENUJU DAN PULANG SHALAT ID

“Nabi Shallallahu ’Alaihi wa Sallam biasanya ketika hari Id mengambil jalan yang berbeda antara pulang dan pergi.” (HR. Bukhari)

7. BERTAKBIR DARI KELUAR RUMAH HINGGA MULAI SHALAT

“Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam biasa ketika keluar pada hari Idul Fitri beliau bertakbir sampai di (lapangan) tempat shalat, sampai didirikan shalat, apabila shalat telah ditegakkan maka terputuslah takbir.” (HR. Ibnu Abi Syaibah, shahih)

8. SHALAT ID DI TEMPAT TERBUKA KECUALI ADA UZUR

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

9. TIDAK ADA SHALAT SEBELUM DAN SESUDAH SHALAT ID

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menuju lapangan ketika Idul Fitri, kemudian shalat dua rakaat (shalat Id, pen). Tidak shalat sunnah sebelum maupun sesudahnya. Dan beliau bersama Bilal.” (HR. Bukhari dan Al-Baihaqi)

10. TIDAK ADA AZAN DAN IQAMAH UNTUK SHALAT ID

Dari Jabir bin Samurah Radhiyallahu ‘Anhu, “Saya shalat hari raya bersama Nabi Shallallahu ‘Alahi wa Sallam beberapa kali, tidak ada azan dan iqamah.” (HR. Muslim)

11. DIBOLEHKAN SALING MENGUCAP SELAMAT

Sunnah para ulama mengucapkan selamat dan doa “Taqaballahu Minna wa Minkum” (Semoga Allah menerima ibadah saya dan anda). Fatwa para ulama besar bahwa ucapan doa dan selamat bebas selama tidak menyalahi syariat, misalnya “Minal Aidin wa Faidzin.”

12. MENYEMBELIH KURBAN SETELAH SHALAT IDUL ADHA

“Barang siapa yang menyembelih sebelum shalat, berarti ia menyembelih hanya untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa yang menyembelih sesudah shalat, maka telah sempurnalah kurbannya dan sesuai dengan sunnahnya kaum Muslimin.” (HR. Bukhari)

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button