Ustadz Fuad Hamzah Barabah

Berdzikir Dengan Jari Jemari

Berdzikir Dengan Jari Jemari

📖 Hadits kedelapan puluh dua dari buku 100 hadits tentang Wanita

Berdzikir bukan hanya untuk laki-laki saja. Wanitapun dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Dan hendaklah ketika berdzikir tidak menggunakan alat bantu, namun menggunakan jari jemari ketika menghitungnya. Karena jari jemari akan bersaksi di hadapan Allah Ta’ala pada hari kiamat nanti, dengan apa yang telah dilakukan olehnya.

Adapun orang yang lalai, maka akan kehilangan banyak kebaikan.

عَنْ يُسَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا وَكَانَتْ من الْمُهَاجِرَاتِ قَالَتْ: قَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلَيْكُنَّ بِالتَّسْبِيحِ وَالتَّهْلِيلِ وَالتَّقْدِيسِ، وَاعْقِدْنَ بِالْأَنَامِلِ فَإِنَّهُنَّ مَسْئُولَاتٌ مُسْتَنْطَقَاتٌ، وَلَا تَغْفُلْنَ فَتَنْسَيْنَ الرَّحْمَةَ. أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ

Dari Yusairah radhiallahu ‘anha, dan dia termasuk salah seorang wanita yang ikut berhijrah mengatakan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada kami:

“Hendaknya kalian bertasbih (membaca subhanallah), bertahlil (membaca laa ilaha illallah), dan bertaqdis (menyucikan Allah), dan hitunglah dengan ruas jari-jemari kalian karena itu semua akan ditanya dan diajak bicara (pada hari kiamat), janganlah kalian lalai yang membuat kalian lupa dengan rahmat Allah”. (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi).

Hadits yang mulia ini menjelaskan kepada kita akan keutamaan berdzikir dengan jari jemari, tidak menggunakan alat bantu, karena nanti pada hari kiamat akan bersaksi untuk kita di hadapan Allah Ta’ala.

Allahu a’lam.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button