SBUMSBUM Akhwat

SBUM AKHWAT NOMOR 967 – BERSABARLAH

SBUM
Sobat Bertanya Ustadz Menjawab

 

NO : 960

Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS
https://grupislamsunnah.com

Kumpulan Soal Jawab SBUM
Silakan Klik : https://t.me/GiS_soaljawab

Judul bahasan

BERSABARLAH

💬 Pertanyaan
Nama: Tita
Angkatan: 04
Grup : T428
Nama Admin : Ummu Zhafran
Nama Musyrifah : Ummu Sarah
Domisili : Jatiwarna Bekasi

 

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Izin bertanya Ustadz.

1️⃣ Saya sebagai istri sudah berusaha menyenangkan hati suami dengan selalu mengantar suami sampai pagar rumah bila mau berangkat kerja.

Pulang juga saya sambut dengan berdandan yang cantik dan wangi.. Makanan sudah tersedia di meja, baju sudah saya siapkan setiap mau berangkat dan pulang.. Sepatu juga selalu saya pakaikan bila berangkat dan melepasnya juga saat pulang..

Namun dia tidak suka kalau saya telpon sore hari, bila saya bertanya pulang jam berapa dia mengira saya mencurigainya. Padahal saya hanya ingin berkomunikasi.

2️⃣ Suami aktif menggunakan app Tiktok dan Facebook. Dan kemarin saya sudah mengurangi yang beliau follow, perempuan-perempuan.

Tapi sekarang malah bertambah lagi. Dan saya khawatir Ustadz beliau chat wanita lagi, seperti kejadian beberapa bulan lalu.

Mohon nasihatnya dan solusinya Ustadz…
Terima kasih Ustadz.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

  Jawaban

وعليكم السلام ورحمة اللّه وبركاته

بسم الله

Bismillah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Semoga Allah Al Kabir memberikan pertolongan kepada istri yang terzhalimi dari suaminya. Allah Al Kabir tidak menyukai suami yang menyisakan istri jika istrinya taat kepadanya.

{ ٱلرِّجَالُ قَوَّ ٰ⁠مُونَ عَلَى ٱلنِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضࣲ وَبِمَاۤ أَنفَقُوا۟ مِنۡ أَمۡوَ ٰ⁠لِهِمۡۚ فَٱلصَّـٰلِحَـٰتُ قَـٰنِتَـٰتٌ حَـٰفِظَـٰتࣱ لِّلۡغَیۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّـٰتِی تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِی ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُوا۟ عَلَیۡهِنَّ سَبِیلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِیࣰّا كَبِیرࣰا }

Laki-laki (suami) itu pemimpin bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang salih, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyÅ«z,hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar. [Surat An-Nisa’: 34]

Solusi dari masalah anti adalah dengan terus bersabar menghadapi ujian hidup anti, terkadang suami adalah ujian bagi istrinya agar anti memperoleh derajat tinggi disisi Allah Al Maliik Al Muqtadir.

وَجَعَلۡنَا بَعۡضَكُمۡ لِبَعۡضࣲ فِتۡنَةً أَتَصۡبِرُونَۗ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِیرࣰا

Dan Kami jadikan sebagian kamu sebagai cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar? Dan Tuhan kamu Maha Melihat. [Surat Al-Furqan: 20]

Kuatkan kesabaran dengan kesabaran yang indah dan mohonlah pertolongan dari Allah Al Musta’an atas masalah anda, Sebagaimana yang dibaca oleh Nabi Ya’qub alahi salam dan Ibunda Aisyah radhiyallahu Anha saat mendapat ujian.

…فَصَبۡرࣱ جَمِیلࣱۖ وَٱللَّهُ ٱلۡمُسۡتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ

[Surat Yusuf: 18]

Kemudian berikan nasihat kepada suami dengan lembut dan saat situasi memungkinkan untuk memberi nasihat.

Atau anda bisa bersama suami meminta nasihat asatidzah di daerah anda tentang masalah rumah tangga jika suami berkehendak pergi ke ahli ilmu untuk meminta nasehat,
Kemudian do’akan terus suami anda, karena jika suami anda menyukai komunikasi lawan jenis yg bukan mahram padahal pelayanan istri berusaha maksimal dirumah maka hati suami terdapat penyakit syahwat.

والله تعالى أعلم

  Dijawab oleh : Ustadz Wukir Saputro Lc, M.Pd

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

WebsiteGIS: https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button