SBUMSBUM Akhwat

SBUM AKHWAT NOMOR 1189 – TATA CARA WUDHU DAN SHOLAT KETIKA SALAH SATU TANGAN DI GIPS

SBUM
Sobat Bertanya Ustadz Menjawab

 

NO : 1189

Dirangkum oleh Grup Islam Sunnah | GiS
https://grupislamsunnah.com

Kumpulan Soal Jawab SBUM
Silakan Klik : https://t.me/GiS_soaljawab

Judul bahasan

TATA CARA WUDHU DAN SHOLAT KETIKA SALAH SATU TANGAN DI GIPS

💬 Pertanyaan
Nama: Ummu Prima
Angkatan: 04
Grup : 029
Nama Admin : Karina
Nama Musyrifah :Sarah
Domisili : Indramayu

 

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Afwan izin bertanya,
1. Apakah orang yang tangan kanannya di tutup menggunakan gips, jika wudhu memakai tangan kiri ?

2. Dan apakah boleh, ketika sampai di tangan kanannya hanya mengusap 1x atau harus 3x juga ?

3. Dan ketika shalat, bolehkah hanya sambil duduk dan hanya di tutupi pake kain saja bagian kakinya ?

4. Dan adakah dzikir-dzikir yang dibaca bagi ana Ustadz ?

Qadarulla ana habis jatuh, mohon doanya Ustadz untuk kesembuhan ana.

Syukron Ustadz atas penjelasannya.

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم.

  Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والصلام على رسول الله اما بعد.

قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله في “الشرح الممتع” (1/169) :

” قال العلماء رحمهم الله تعالى : إن الجرح ونحوه إما أن يكون مكشوفاً أو مستوراً .

فإن كان مكشوفاً فالواجب غسله بالماء , فإن تعذر غسله بالماء فالمسح للجرح , فإن تعذر المسح فالتيمم , وهذا على الترتيب .

وإن كان مستوراً بما يسوغ ستره به , فليس فيه إلا المسح فقط ، فإن ضره المسح مع كونه مستوراً فيعدل إلى التيمم , كما لو كان مكشوفاً , هذا ما ذكره الفقهاء رحمهم الله ” انتهى .

Jika ada luka pada salah satu anggota wudhu, maka luka tersebut bisa jadi terbuka atau bisa jadi tertutup dengan perban.

• Keadaan pertama: Luka tertutup dengan perban
Jika luka tertutup perban, maka bagian anggota wudhu yang tidak ada luka dicuci atau dibasuh seperti biasa. Sedangkan bagian anggota wudhu yang tertutupi perban cukup diusap. Kali ini tidak langsung beralih pada tayamum.

• Keadaan kedua: Luka dalam keadaan terbuka
Untuk keadaan ini, jika luka diizinkan terkena air, maka wajib menggunakan air. Namun jika membasuh tidak bisa dilakukan karena berbahaya pada lukanya, maka beralih pada mengusap. Jika membasuh begitu pula mengusap sama-sama tidak dibolehkan, maka beralih pada tayamum.
(Lihat keterangan Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin dalam Syarhul Mumthi’, 1: 247).

1️⃣ Tidak masalah wudhu dengan tangan kiri asalkan tangan kanan yang memakai gips tetap disucikan. Penjelasaanya ada diatas.

2️⃣ Adapun masalah mengusap, maka cukup sekali saja, jika ditambah tiga kali usapan maka juga tidak masalah. Hanya saja dalam mengusap, hukumnya berbeda dengan mencuci sebagaiamana yang terdapat dalam surah Al Maidah ayat 6.

Tata cara mengusap perban atau semisalnya adalah dengan mengusap seluruh bagian perban, karena pada asalnya mengusap perban adalah sebagai pengganti dari anggota badan yang diperban. Sementara disebutkan dalam sebuah kaidah: “Hukum pengganti adalah sama dengan yang digantikan”. Mengusap perban adalah ganti dari membasuh. Sebagaimana ketika membasuh kita wajib menyiramkan air ke seluruh bagian anggota wudhu, demikian juga mengusap perban maka wajib untuk mengusap seluruh bagian perban.

3️⃣ Sholat sambil duduk, jika sholat wajib akan tetapi mampu berdiri maka tidak boleh, terlarang. Akan tetapi apabila sholat wajib tidak mampu berdiri maka tidak masalah duduk.

عن عمران بن الحصين قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” صلِّ قائمًا فإنْ لم تستطعْ فقاعدًا فإنْ لم تستطعْ فعلى جنب “.

Adapun sholat sunah tidak masalah melakukannya duduk, baik mampu berdiri ataupun tidak. Hanya saja pahala sholat sunnah sambil berdiri lebih besar dibandingkan sambi duduk.

أنّه سأل النبيَّ ﷺ عن صلاةِ الرجُلِ قاعدًا؟ فقال: صلاتُه قائمًا أفضَلُ مِن صلاتِه قاعدًا، وصلاتُه قاعدًا على النِّصفِ مِن صلاتِه قائمًا، وصلاتُه نائمًا على النِّصفِ مِن صلاتِه قاعدًا..(رواه أبو داود).Adapun menutup bagian kaki saja, tidak menutup bagian atas dari tubuh maka sholat seperti ini tidak sah.

وَلَهُمَا مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ ( { لَا يُصَلِّي أَحَدُكُمْ فِي اَلثَّوْبِ اَلْوَاحِدِ لَيْسَ عَلَى عَاتِقِهِ مِنْهُ شَيْءٌ }

Diriwayatkan pula oleh keduanya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, “Janganlah seseorang di antara kamu shalat dengan memakai selembar kain yang sebagian dari kain itu tidak dapat ditaruh di atas bahunya.”
[HR. Bukhari, no. 359 dan Muslim, no. 516].

Karna seluruh badan kecuali bagain kepala dan kaki merupakan aurat bagi laki laki dalam sholat. Adapun perempuan, auratnya seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.

4️⃣ Tidak ada dzikir khusus yang dibaca ketika sakit, hanya saja perbanyak istigfar dan bertaubat dan berharap pahala dari musibah yang Allah takdirkan. Dan juga berharap agar semua dosa dikurangi dengan penyakit ini, serta berdoa meminta kesembuhan kepada Allah Ta’ala.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أذْهِبِ البَأْسَ،وَ اشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِي، لا شِفَاءَ إلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannasi adzhibil ba’sa wasyfi anta asy Syaafii laa syifaa’a illa Syifaa’uk, syifaa’an laa yughaadiru saqama

(Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah sakit ini, karena sesungguhnya Engkaulah Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan, kecuali kesembuhan dari-Mu. Kesembuhan yang tidak akan meninggalkan penyakit setelahnya.) Aamiin..

والله تعالى أعلم بالصواب.

   Dijawab oleh : Mahatir Fathoni S.Ag

Official Account Grup Islam Sunnah (GiS)⁣⁣

WebsiteGIS: https://grupislamsunnah.com
Fanpage: web.facebook.com/grupislamsunnah
Instagram: instagram.com/grupislamsunnah
WebsiteGBS: grupbelanjasunnah.com
Telegram: t.me/s/grupislamsunnah
Telegram Soal Jawab: https://t.me/GiS_soaljawab
YouTube: bit.ly/grupislamsunnah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button